.

Cara Bertenak Ayam Serama Yang Betul

Ayam serama adalah ayam terkecil di dunia yang berasal dari malaysia. Ayam ini paling membahagiakan guna dipelihara karena menurut http://agent88bet.co/ pandai memikat hati dengan gayanya yang sarat aksi. Apabila kami simaklah ayam ini

Ayam serama adalah ayam terkecil di dunia yang berasal dari malaysia. Ayam ini paling membahagiakan guna dipelihara karena menurut http://agent88bet.co/ pandai memikat hati dengan gayanya yang sarat aksi. Apabila kami simaklah ayam ini ketika dapat mengusung dada dan meluruskan ekornya tegak keatas hingga 90 derajat dan mengibaskan kedua sayapnya.

 

Sebenarnya Cara merawat ayam serama tidak begitu sulit dan tidak ribet. Kebutuhan hidupnya sama semacam ayam buras. Berdasarkan keterangan dari Ir. Rudiasfie Sjofinal salah seorng peternak ayam serama di Jakarta, ayam yang tidak jarang disebut cebol ini terbukti tidak banyak sukar dikembang-biakkan. Ukuran kakinya singkat mengakibatkan pejantan susah mengerjakan penetrasi ketika berkeinginan kawin. Akibatnya, proses percintaan menjadi tidak mesra dan sering tidak sesuai tentang sasaran.

Cara Bertenak Ayam Serama Yang Betul

Cara Bertenak Ayam Serama Yang Betul

Tahapan bertenak Ayam Serama

Cara beternak ayam serama wajib dilaksanakan dengan intensif. Pemberian pakan dapat memakai pakan dedak yang tiap harinya serta diserahkan minum vitamain. Kandang mesti terlindung dari hujan, karena ayam ini gampang sekali terpapar penyakitbilamana kandangnya kuarang mengisi sarat.

Teknik pengawinan dilaksanakan dengan teknik memegang ayam betina kemudian menyodorkanya ke depan pejantan. Syaratnya, kedua pasang wajib sudah siap guna di kawinkan. Induk betina siap dijodohkan pada berumur 5 – 6 bulan. Ayam Serama betina seringkali berperilaku jongkok bilamana dipegang punggungnya. Sedangkan umur subur pejantan berkisar pada usia 4 hingga 5 bulan.

 

Metode selanjutnya yakni dangan Teknik kawin gilir. Dalamcara ini ayam betina dipaksa melayani 3 ekor pejantan. Penggiliran dilaksanakan dengan teknik berselang tidak cukup lebih 2 – 3 jam. Melewati teknik ini perkawinan memili kipeluang keberhasilan yang besar.

 

Meski ukuran tubuhnya kecil, ayam serama termasuk tipe ayam bernafsu birahi tinggi. Ia tidak gentar dan tidak segan-segan jatuh cintrong terhadap ayam berbadan lebih gede. Berdasarkan keterangan dari Johan, peternak ayam dari Bekasi, ayam serama mulai belajar kawin saat berumur 3 bulan. Pejantan muda sehat wajib dapat menyalurkan hasrat bercintanya sejumlah 6 – 8 kali masing-masing hari. Nafsu birahi serama memuncak saat cuaca mendung, atau pagi dan senja hari.

 

Kesuburan ayam serama sangat diprovokasi oleh kesehatan fisik. Cuaca terlampau dingin dapat menurunkan performa ayam betina menghasilkan telur. Sebab mayoritas pakan digunakan untuk buatan energi guna menjaga panas badan. Jadi, ayam serama yang dipelihara di wilayah dingin mesti mendapatkan pakan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Semisal jagung.

 

berwarna hijau? Pasalnya benda itu tidak jarang dikira rumput. Jadi bila ketika pelajaran ia tidak jarang terpedaya oleh karpet hijau, diharapkan saat di panggung lomba ia ogah mematok-matok karpet lagi. Biar serama tidak kabur, tutuplah dengan kurungan. Seusai tersebut posisikan meja pelajaran dilokasi yang panas.

 

Seusai dijemur ayam jangan langsung diberi minum. Kalau hal itu dilanggar, ayam dapat diterjang penyakit ngorok. Wajahnya yang terang mendadak berubah jadi pucat pasi. Taruhlah terlebih dulu ayam yang usai dijemur di lokasi teduh selagi 15 – 30 menit. Nah, seusai tersebut ayam baru boleh menegak segelas air segar.

 

Serama wajib mencicipi porsi pakan pas dengan menu extra gizi. Vitamin E, Pospor dan Calsium sangat urgen untuk memelihara ke elokan bulu. Vitamin E tidak tidak banyak terkandung dalam minyak ikan. Sedangkan Calsium dan Pospor tidak tidak banyak tersedia dalam sotong atau kulit cumi. Extra fooding itu musti disuguhkan masing-masing hari.

 

Setiap pagi rutin menyerahkan minuman bercampur Enervon C terhadap seramanya. Ramuan itu wajib berakhir sekali minum dan tidak boleh terpapar terik matahari. Sebab, khasiatnyadapat hilang. Menu penuh gizi beda yang ia suguhkan yakni 3 ekor jangkrik dan kroto. Jagung jangan dihidangkan denganteknik berlebihan. Sebab serama yang terlampau tidak sedikit mencicipi jagung dapat cepat merasakan rontok bulu.

 

Di samping penampilan menarik, serama pun wajib mempunyai mutu badan seringan mungkin. Jadi, diet wajib dipantau dengan teknik ketat. Hindari pemberian pakan yang tidak tidak banyak berisi lemak. 3 hari menjelang lomba, ayam serama disuguh beras merah atau gabah. Porsinya cukup 2 – 3 sendok santap saja. Menu itu diserahkan 2 kali dalam sehari. Yaitu pada pagi dan senja hari.

 

Demikianlah artikel ini saya buat semoga anda semua setelah membaca artikel ini bisa menjadikan anda pandai dalam bertenak ayam serama dan menjadikan anda sukses dalam bidang berternak ayam serama ini. Terima kasih

 

About

No Comments

    Leave a Comment